PRODUK KOMPUTER PERBANKAN




PRODUK KOMPUTER PERBANKAN
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas pada mata kuliah :
KOMPUTER PERBANKAN
Dosen pengampu :
Fitriani SE,MM.
LOGO IAIN METRO LAMPUNG (6).png
Disusun oleh :
RIAL ROJA SAPUTRA (1602100058}
KELAS E
S1 PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI  DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) METRO
TAHUN AKADEMIK 2017/2018


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat dan karunia-Nya Penulis dapat menyelesaikan laporan pembahasan mata kuliah Komputer Perbankan
         Laporan ini disusun berdasarkan pengamatan yang telah Kami laksanakan sebelumnya, dan materi-materi ini yang kami dapatkan dikutip dari buku-buku yang berkaitan. Dengan di selesaikannya laporan pembahasan ini kami semua berharap agar kita selaku mahasiswa dapat memahami tentang materi terkait komputer perbankan
           penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen dan rekan-rekan semua yang telah membantu kami menyelesaikan laporan ini. Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan kritik serta saran yang positif dan membangun dari rekan-rekan pembaca.

                                    Metro, 21 September 2017

Penyusun






DAFTAR ISI

JUDUL
KATA PENGANTAR....................................................................................... ii
DAFTAR ISI...................................................................................................... iii
BAB I (PENDAHULUAN)............................................................................... 1
A.    Latar belakang.............................................................................................. 1
B.     Rumusan masalah......................................................................................... 1
C.     Tujuan ......................................................................................................... 1
BAB II (PEMBAHASAN)................................................................................ 2
A.    Definisi Mobile Banking.............................................................................. 2
B.     Faktor yang mempengaruhi sikap pada Mobile Banking............................. 4
C.     Internet Banking.......................................................................................... 5
D.    SMS Banking............................................................................................... 7
E.     Kelebihan Sms Banking............................................................................... 8
F.      Cash Management System............................................................................9
BAB III (PENUTUP)......................................................................................... 10
A.    Kesimpulan.................................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 11




BAB1
Pendahuluan
A.    Latar belakang
Semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai mengunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk Dengan adanya jaringan komputer hubungan atau komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat.Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa.
B.     Rumusan masalah
1.Apa pengertian dari mobile banking
2.Apa saja faktor yang mempengaruhi sikap pada mobile banking
3.Apa pengertian dari Internet Banking
4.Apa pengertian dari sms banking
5.Apa pengertian dari cash management system
C.     Tujuan
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Komputer perbankan serta memberikan informasi dan wawasan kepada para pembaca, agar pembaca dapat:
1.      Memiliki wawasan yang luas tentang materi yang berkaitan.
2.      Memahami isi materi yang berkaitan.
3.      Mampu menjelaskan kembali tentang materi yang telah disampaikan.

BAB 2
Pembahasan

A.    Mobile Banking
Teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang dengan banyaknya smartphone yang membanjiri pasar di Indonesia. Salah satu mengapa smartphone begitu digandrungi masyarakat adalah karena selain sebagai alat komunikasi, dia bisa juga sebagai media transaksi produk dan layanan perbankan. Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk berbagai macam keperluan, salah satunya yang populer adalah aplikasi chatting dengan model BBM, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Namun masih ada satu fitur lama yang mulai banyak ditinggalkan, namun tetap eksis untuk transaksi perbankan yaitu SMS.Ya, dia adalah satu aplikasi e-banking yang masih populer saat ini. SMS banking pada dasarnya digunakan untuk mempermudah nasabah yang ingin melakukan transaksi tanpa melalui teller atau ATM. Anda bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer, dan lainnya hanya dengan melalui SMS Banking. Meskipun terdengar ketinggalan zaman, namun fitur SMS Banking ini memberikan kemudahan karena dirasa lebih mudah, cepat, dan praktis.[1]
M-Banking suatu layanan inovatif yang ditawarkan oleh bank yang memungkinkan pengguna kegiatan transaksi perbankkan melalui smartphone.  M-Banking atau yang lebih dikenal dengan sebutan m-Bankingmerupakan sebuah fasilitas atau layanan perbankan menggunakan alat komunikasi bergerak seperti handphone,dengan penyediaan fasilitas untuk bertransaksi perbankan melalui aplikasi (unggulan) pada handphone. Melalui adanya handphone dan layanan m-Banking,transaksi perbankan yang biasanya dilakukan secara manual, artinya kegiatan yang sebelumnya dilakukan nasabah dengan mendatangi bank, kini dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi gerai bank,hanya dengan menggunakan handphone nasabah dapat menghemat waktu dan biaya, selain menghemat waktu mobile banking juga bertujuan agar nasabah tidak ketinggalan jaman dalam menggunakan media elektronik yang sudah modern dan juga bisa lebih memanfaatkan media handphone yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga dapat digunakan untuk berbisnis atau bertransaksi.
Layanan m-Banking memberikan kemudahan kepada para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer antar rekening,dan lain-lain.Dengan fasilitas ini semua orang yang memiliki ponsel dapat dengan mudah bertransaksi dimana saja dan kapan saja.Dengan adanya aturan penggunaan telepon seluler yang terdapat pada nasabah dan bank untuk saling menjaga privacy dan mempergunakannya dengan baik dan benar, pada fasilitas mobile banking terdapat sistem kontrol agar para pengguna dapat mengakses fasilitas tersebut maka Bank diharuskan untuk melakukan suatu hal yang memadai untuk menguji keaslian identitas dan otoritas dari bank kepada nasabahnya yang melakukan transaksi dari mobile banking.
Dalam mobile banking, pengujian sebuah transaksi juga harus terbukti asli dan mendapat jaminan bahwa transaksi yang dilakukan oleh nasabah tidak dapat disangkal, juga tetap memiliki tanggung jawab setiap melakukan transaksi mobile banking. Bank yang memberikan fasilitas mobile banking perlu memastikan bahwa setiap transaksi selalu melakukan akses PIN ( Personal Identification Number) agar terhindar dari kejahatan sosial. Bank perlu memastikan tersedianya prosedur untuk melindungi sistem keamanan pada data, aplikasi dan setiap transaksi yang dilakukan pada saat pemakaian mobile banking. Keunggulan dari menggunakan mobile banking adalah dapat diakses oleh semua pengguna telepon seluler dengan tipe jaringan GSM.




Faktor yang mempengaruhi sikap terhadap mobile banking
Adapun faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada penggunaan m-Banking dalam penelitiannya menginventarisir enam faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada mobile banking yaitu:
1.      Keamanan sistem m-Banking
Keamanan dalam sistem transaksi keuangan melalui sistem online merupakan faktor utama yang menjadi prioritas bagi nasabah untuk menggunakan jasa layanan mobile banking. Nasabah menuntut kepada pihak penyedia jasa layanan mobile banking untuk dapat memberikan atau menjamin keamanan transaksi keuangan melalui media mobile banking.
2.      Kemudahan suatu website untuk diakses.
Kemudahan untuk mengakses sistem layanan secara online melalui media mobile banking merupakan salah satu faktor yang menentukan kesediaan nasabah untuk menggunakan jasa layanan mobile banking. Semakin mudah konsumen dalam mengakses situs atau website perusa
haan jasa layanan perbankan secara mobile akan meningkatkan sikap konsumen pada jasa layanan perusahaan serta jasa perusahaan akan menunjang sikap konsumen.
3.      Privasi pengguna.
Dalam sistem layanan perbankan / transaksi keuangan secara mobile,nasabah menginginkan privasi yang tinggi.Nasabah tidak mau data dirinya diketahui atau disebarkan dengan sengaja oleh perusahaan. Oleh sebab itu, privasi pengguna merupakan salah satu faktor yang menentukan
bagi nasabah untuk mengggunakan jasa layanan mobile banking.
4.      Kehandalan layanan (layanan 24 jam).
Transaksi keuangan secara mobile memiliki keunggulan tanpa batas waktu.Perusahaan yang mampu memberikan layanan tanpa batas waktu (24 jam sehari) akan lebih diminati nasabah.
5.      Kredibilitas perusahaan jasa layanan perbankan.
Salah satu faktor yang menentukan nasabah untuk menggunakan jasa layanan perbankan (m-Banking) adalah kredibilitas perusahaan penyedia jasa layanan mobile banking.Perusahaan dengan tingkat kredibilitas yang tinggi lebih diminati nasabah untuk digunakan jasa layanan mobile banking-nya.

6.      Kecepatan koneksi jaringan.
Konsumen atau nasabah dewasa ini memiliki kebutuhan/tuntutan yang lebih kompleks pada penyedia jasa layanan perbankan secara mobile.Salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kcepatan koneksi dalam sistem perbankan secara mobile.Meskipun kesalahan ini tidak terdapat
pada sistem perbankkannya melainkan pada provider yang dipakai oleh nasabah tersebut.Provider jaringan tergantung pada sinyal yang ada pada jaringan,kesalahan pada koneksi sering terjadi pada tempat yang jauh dari jangkauan signal.

B.     Internet Banking
Internet Banking adalah istilah yang sering juga disebut dengan Electronic Banking atau E-Banking. Istilah lain yang sama dengan Internet Banking adalah Virtual Banking, Cyberbanking, Online Banking dan Home Banking. suatu aktivitas transaksi yang berhubungan dengan perbankan, dimana aktivitas tersebut bisa dilakukan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya dengan menggunakan jaringan internet. Pada dasarnya internet banking dibuat guna memudahkan kedua belah pihak, antara nasabah dan pihak bank. Berikut ini beberapa manfaat Internet Banking untuk para nasabah dan pihak bank.

Internet Banking pada dasarnya merupakan gabungan dua istilah dasar yaitu Internet dan Banking (bank). Interconnected Network (Internet) adalah sistem jaringan yang menghubungkan tiap-tiap komputer secara global di seluruh penjuru dunia. Koneksi yang menghubungkan masing-masing komputer tersebut memiliki standar yang digunakan yang disebut Internet Protocol Suite [2]
disingkat dengan TCP/IP.Menurut Bank Indonesia,Internet banking merupakan salah satu layanan jasa Bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi,melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. jenis kegiatan internet banking dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.      informational Internet Banking yaitu pelayanan jasa bank kepada nasabah dalam bentuk informasi melalui jaringan internet dan tidak melakukan eksekusi transaksi (execution of transaction).Communicative Internet Banking yaitu pelayanan jasa Bank kepada nasabah dalam bentuk komunikasi atau melakukan interaksi dengan bank penyedia layanan internet banking secara terbatas dan tidak melakukan eksekusi transaksi
2.      Transactional Internet Banking yaitu pelayanan jasa bank kepada nasabah untuk melakukan interaksi dengan bank penyedia layanan internet banking dan melakukan eksekusi transaksi.
Menurut Khairy Mahdi menyatakan internet banking merupakan pemanfaatan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank. Selain itu bentuk transaksi yang dilakukan bersifat maya atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan.



C.     SMS Banking
Sesuai dengan namanya, fasilitas SMS banking ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan melalui sms. Sistem kerjanya yaitu, nasabah mengirimkan sms ke nomor yang telah ditentukan, dengan isi kode yang telah ditentukan oleh pihak bank. Kode ini akan berbeda untuk setiap transaksi. Misalnya, kode untuk transfer akan berbeda dengan kode untuk pengisian ulang pulsa. Setelah mengirimkan kode, nasabah akan menerima sms yang meminta nasabah untuk membalasnya dengan pin milik nasabah (sistem bisa sedikit berbeda pada setiap bank). Setelah memasukkan pin, transaksi akan dinyatakan berhasil dan nasabah akan menerima sms konfirmasi dari transaksi yang dilakukan.
SMS Banking punya keunggulan dibanding internet banking, karena tidak membutuhkan jaringan internet, terutama bagi warga yang ada di desa yang tak bisa selalu terhubung internet. Karena itu, SMS banking dianggap bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Selain masalah koneksi internet, SMS Banking juga bisa dilakukan oleh para nasabah yang tak memiliki smartphone tetapi ingin melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan praktis. Berbeda dengan internet banking yang memerlukan banyak tahapan untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, seperti mesti memasukkan user ID dan password. Baru setelah itu bisa melakukan transaksi dengan memilih menu yang tersedia. Sedangkan SMS Banking hanya perlu mengirim kode ke nomer yang telah ditentukan untuk melakukan transaksi yang anda butuhkan.
SMS Banking bisa diakses melalui dua cara. Pertama, melalui SMS biasa dan paling umum digunakan. Caranya nasabah mengetik pesan berupa kode tertentu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan dan mengirimkan pesan tersebut ke nomor yang telah disediakan dari Bank. Misalnya jika Anda ingin melakukan transfer, Anda hanya perlu mengetik (rekening sumber), (rekening tujuan), (nominal), dan (password). Cara kedua yaitu melalui SMS Toolkit. Nasabah bisa menggunakan SMS Banking melalui menu dari SIM Card, tergantung provider yang Anda gunakan. Setiap provider mempunyai menu SMS Banking yang berbeda. Untuk bisa menggunakan SMS Banking, nasabah harus mendaftar ke bank untuk mendapatkan password agar bisa mengakses layanan ini. Setiap Bank punya petunjuk masing-masing tentang penggunaan SMS Banking, jadi Anda bisa mendatangi bank dan menanyakan penjelasan bagaimana menggunakan SMS Banking untuk bertransaksi.
Kelebihan dari sms banking yaitu:
a.       Dengan menggunakan sms banking, nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan mudah dan praktis di mana pun ia berada.
b.      Jika dilihat dari sisi keamanan, transaksi keuangan menggunakan sms banking lebih terjaga karena data-data bisa dengan mudah dihapus, selain itu transaksi ini bebas gangguan eksternal seperti mati listrik dan koneksi internet.
Selain itu sebenarnya ada pengalaman dari beberapa pengguna yang sedikit mengkhawatirkan, yaitu saat kita menggunakan sms banking dan ternyata tidak adanya respon sama sekali ketika kita memberikan perintah SMS Banking. Beberapa pengguna merasa cukup sering mengalami situasi yang digambarkan tersebut. Karena, biasanya ada 2 kemungkinan ketik hal tersebut terjadi, transaksi berhasil atau gagal. Untuk tahu transaksi tersebut gagal atau berhasil, Anda harus menghubungi call center bank terkait. Namun masalahnya, biasanya pengguna sms banking malah menggunakan asumsi. Terkadang, mereka akan saja mengulang transaksi meski belum tahu transaksi berhasil atau tidak. Padahal itu akan memberikan risiko terjadi dobel bayar? Nah, di sini letak masalah terbesar itu muncul.Ada beberapa hal yang membuat transaski sms banking dianggap kurang praktis, yaitu ketika nasabah harus menghafalkan setiap kode yang dibutuhkan untuk melakukan masing-masing transaksi. Di mana, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kode yang berbeda, oleh karena itu jika nasabah lupa nomor kode yang dibutuhkan, ia tak akan bisa melakukan transaksi.[3]
D.    Cash Management System
Cash Management System adalah saluran distribusi elektronik bagi nasabah badan (non perorangan) atau nasabah perorangan untuk melakukan aktifitas terhadap rekeningnya di Bank dan memperoleh informasi bank melalui koneksi internet dengan mengunakan browser.Beberapa manfaatnya yaitu:
1.      Aman, karena dukungan system web 128 bit serta dapat dilakukan pembagian kewenangan dan dilengkapi dengan token sebagai electronic signature
2.      Efisien dari segi waktu, biaya, dan administrasi
3.      Nyaman dengan fitur yang mudah digunakan dan lengkap
4.      Real time dalam transaksi maupun data\fleksibel, karena dapat diakses dari manapun menggunakan jaringan internet
5.      Kendali terhadap arus kas lebih mudah, cepat, dan akurat
6.      Customized, sehingga dapat disesuaikan dengan nasabah[4]






     
.




BAB3
PENUTUP

Kesimpulan:
Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk Dengan adanya jaringan komputer hubungan atau komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat.Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk berbagai macam keperluan, salah satunya yang populer adalah aplikasi chatting dengan model BBM, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Namun masih ada satu fitur lama yang mulai banyak ditinggalkan, namun tetap eksis untuk transaksi perbankan









DAFTAR PUSTAKA



https://id.wikipedia.org/wiki/Elektronik_Perbankan_M-Banking

https://www.cermati.com/Internet banking

Gozali Mulyono.Aktivitas E-banking.Bandung.CV Pustaka setia.2010


       [1]https://id.wikipedia.org/wiki/Elektronik_Perbankan_M-Banking
       [2] https://www.cermati.com/Internet banking
       [3] Gozali Mulyono,Aktivitas E-banking,(Bandung:CV Pustaka setia,2010),hlm36
       [4]Ibid.hlm52

Komentar