PRODUK KOMPUTER PERBANKAN
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas pada mata kuliah :
KOMPUTER PERBANKAN
Dosen pengampu
:
Fitriani SE,MM.

Disusun oleh :
RIAL ROJA SAPUTRA (1602100058}
KELAS E
S1 PERBANKAN
SYARIAH
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI
(IAIN) METRO
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat dan karunia-Nya Penulis
dapat menyelesaikan laporan pembahasan mata kuliah Komputer Perbankan
Laporan ini disusun
berdasarkan pengamatan yang telah Kami laksanakan sebelumnya, dan materi-materi
ini yang kami dapatkan dikutip dari buku-buku yang berkaitan. Dengan di selesaikannya laporan pembahasan ini kami semua berharap
agar kita selaku mahasiswa dapat memahami tentang materi terkait komputer perbankan
penulis mengucapkan banyak terima
kasih kepada dosen dan rekan-rekan semua yang telah membantu kami menyelesaikan
laporan ini. Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna.
Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan kritik serta saran yang positif dan
membangun dari rekan-rekan pembaca.
Metro, 21
September 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
JUDUL
KATA PENGANTAR....................................................................................... ii
DAFTAR ISI...................................................................................................... iii
BAB I (PENDAHULUAN)............................................................................... 1
A.
Latar belakang.............................................................................................. 1
B.
Rumusan masalah......................................................................................... 1
C.
Tujuan ......................................................................................................... 1
BAB II (PEMBAHASAN)................................................................................ 2
A.
Definisi Mobile Banking.............................................................................. 2
B.
Faktor yang mempengaruhi sikap pada Mobile Banking............................. 4
C.
Internet Banking.......................................................................................... 5
D.
SMS Banking............................................................................................... 7
E.
Kelebihan Sms Banking............................................................................... 8
F.
Cash Management System............................................................................9
BAB III (PENUTUP)......................................................................................... 10
A.
Kesimpulan.................................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 11
BAB1
Pendahuluan
A.
Latar belakang
Semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai
mengunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan
nasabah. Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para
perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur
utama dalam proses inovasi produk Dengan adanya jaringan komputer hubungan atau
komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat.Pada dunia
perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah
strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses
inovasi produk dan jasa.
B.
Rumusan masalah
1.Apa pengertian dari mobile banking
2.Apa saja faktor yang mempengaruhi sikap pada mobile banking
3.Apa pengertian dari Internet Banking
4.Apa pengertian dari sms banking
5.Apa pengertian dari cash management system
C.
Tujuan
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Komputer perbankan serta memberikan informasi dan wawasan kepada para pembaca, agar
pembaca dapat:
1.
Memiliki
wawasan yang luas tentang materi yang berkaitan.
2.
Memahami isi
materi yang berkaitan.
3.
Mampu menjelaskan
kembali tentang materi yang telah disampaikan.
BAB 2
Pembahasan
A.
Mobile Banking
Teknologi
komunikasi saat ini semakin berkembang dengan banyaknya smartphone yang
membanjiri pasar di Indonesia. Salah satu mengapa smartphone begitu digandrungi
masyarakat adalah karena selain sebagai alat komunikasi, dia bisa juga
sebagai media transaksi produk dan layanan perbankan. Saat ini hampir semua
orang menggunakan smartphone untuk berbagai macam keperluan, salah satunya yang
populer adalah aplikasi chatting dengan model BBM, Whatsapp, Line, dan
sebagainya. Namun masih ada satu fitur lama yang mulai banyak ditinggalkan,
namun tetap eksis untuk transaksi perbankan yaitu SMS.Ya, dia adalah satu aplikasi
e-banking yang masih populer saat ini. SMS banking pada dasarnya digunakan
untuk mempermudah nasabah yang ingin melakukan transaksi tanpa melalui teller
atau ATM. Anda bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, membayar tagihan
listrik, membeli pulsa, transfer, dan lainnya hanya dengan melalui SMS Banking.
Meskipun terdengar ketinggalan zaman, namun fitur SMS Banking ini memberikan
kemudahan karena dirasa lebih mudah, cepat, dan praktis.[1]
M-Banking
suatu layanan inovatif yang ditawarkan oleh bank yang memungkinkan pengguna
kegiatan transaksi perbankkan melalui smartphone. M-Banking atau yang lebih dikenal dengan
sebutan m-Bankingmerupakan sebuah fasilitas atau layanan perbankan menggunakan
alat komunikasi bergerak seperti handphone,dengan penyediaan fasilitas untuk
bertransaksi perbankan melalui aplikasi (unggulan) pada handphone. Melalui
adanya handphone dan layanan m-Banking,transaksi perbankan yang biasanya
dilakukan secara manual, artinya kegiatan yang sebelumnya dilakukan nasabah
dengan mendatangi bank, kini dapat dilakukan tanpa harus mengunjungi gerai bank,hanya
dengan menggunakan handphone nasabah dapat menghemat waktu dan biaya, selain
menghemat waktu mobile banking juga bertujuan agar nasabah tidak ketinggalan
jaman dalam menggunakan media elektronik yang sudah modern dan juga bisa lebih
memanfaatkan media handphone yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi
juga dapat digunakan untuk berbisnis atau bertransaksi.
Layanan m-Banking memberikan kemudahan kepada para nasabah untuk
melakukan transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer antar rekening,dan
lain-lain.Dengan fasilitas ini semua orang yang memiliki ponsel dapat dengan
mudah bertransaksi dimana saja dan kapan saja.Dengan adanya
aturan penggunaan telepon seluler yang terdapat pada nasabah dan bank untuk
saling menjaga privacy dan mempergunakannya dengan baik dan benar, pada
fasilitas mobile banking terdapat sistem kontrol agar para pengguna dapat
mengakses fasilitas tersebut maka Bank diharuskan untuk melakukan suatu hal
yang memadai untuk menguji keaslian identitas dan otoritas dari bank kepada
nasabahnya yang melakukan transaksi dari mobile banking.
Dalam
mobile banking, pengujian sebuah transaksi juga harus terbukti asli dan
mendapat jaminan bahwa transaksi yang dilakukan oleh nasabah tidak dapat
disangkal, juga tetap memiliki tanggung jawab setiap melakukan transaksi mobile
banking. Bank yang memberikan fasilitas mobile banking perlu memastikan bahwa
setiap transaksi selalu melakukan akses PIN ( Personal Identification Number)
agar terhindar dari kejahatan sosial. Bank perlu memastikan tersedianya
prosedur untuk melindungi sistem keamanan pada data, aplikasi dan setiap
transaksi yang dilakukan pada saat pemakaian mobile banking. Keunggulan dari
menggunakan mobile banking adalah dapat diakses oleh semua pengguna telepon
seluler dengan tipe jaringan GSM.
Faktor yang
mempengaruhi sikap terhadap mobile banking
Adapun faktor
yang mempengaruhi sikap konsumen pada penggunaan m-Banking dalam penelitiannya
menginventarisir enam faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada mobile
banking yaitu:
1.
Keamanan sistem m-Banking
Keamanan
dalam sistem transaksi keuangan melalui sistem online merupakan faktor utama
yang menjadi prioritas bagi nasabah untuk menggunakan jasa layanan mobile
banking. Nasabah menuntut kepada pihak penyedia jasa layanan mobile banking
untuk dapat memberikan atau menjamin keamanan transaksi keuangan melalui media
mobile banking.
2.
Kemudahan suatu website untuk diakses.
Kemudahan
untuk mengakses sistem layanan secara online melalui media mobile banking
merupakan salah satu faktor yang menentukan kesediaan nasabah untuk menggunakan
jasa layanan mobile banking. Semakin mudah konsumen dalam mengakses situs atau
website perusa
haan
jasa layanan perbankan secara mobile akan meningkatkan sikap konsumen pada jasa
layanan perusahaan serta jasa perusahaan akan menunjang sikap konsumen.
3.
Privasi pengguna.
Dalam
sistem layanan perbankan / transaksi keuangan secara mobile,nasabah menginginkan
privasi yang tinggi.Nasabah tidak mau data dirinya diketahui atau disebarkan
dengan sengaja oleh perusahaan. Oleh sebab itu, privasi pengguna merupakan
salah satu faktor yang menentukan
bagi
nasabah untuk mengggunakan jasa layanan mobile banking.
4.
Kehandalan layanan (layanan 24 jam).
Transaksi
keuangan secara mobile memiliki keunggulan tanpa batas waktu.Perusahaan yang
mampu memberikan layanan tanpa batas waktu (24 jam sehari) akan lebih diminati
nasabah.
5.
Kredibilitas perusahaan jasa layanan perbankan.
Salah
satu faktor yang menentukan nasabah untuk menggunakan jasa layanan perbankan
(m-Banking) adalah kredibilitas perusahaan penyedia jasa layanan mobile
banking.Perusahaan dengan tingkat kredibilitas yang tinggi lebih diminati
nasabah untuk digunakan jasa layanan mobile banking-nya.
6.
Kecepatan koneksi jaringan.
Konsumen
atau nasabah dewasa ini memiliki kebutuhan/tuntutan yang lebih kompleks pada
penyedia jasa layanan perbankan secara mobile.Salah satu aspek yang harus
dipenuhi adalah kcepatan koneksi dalam sistem perbankan secara mobile.Meskipun
kesalahan ini tidak terdapat
pada
sistem perbankkannya melainkan pada provider yang dipakai oleh nasabah
tersebut.Provider jaringan tergantung pada sinyal yang ada pada
jaringan,kesalahan pada koneksi sering terjadi pada tempat yang jauh dari
jangkauan signal.
B.
Internet Banking
Internet Banking
adalah istilah yang sering juga disebut dengan Electronic Banking atau
E-Banking. Istilah lain yang sama dengan Internet Banking adalah Virtual
Banking, Cyberbanking, Online Banking dan Home Banking. suatu aktivitas
transaksi yang berhubungan dengan perbankan, dimana aktivitas tersebut bisa
dilakukan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya dengan menggunakan
jaringan internet. Pada dasarnya internet banking dibuat guna
memudahkan kedua belah pihak, antara nasabah dan pihak bank. Berikut ini
beberapa manfaat Internet Banking untuk para nasabah dan pihak bank.
Internet
Banking pada dasarnya merupakan gabungan dua istilah dasar yaitu Internet dan
Banking (bank). Interconnected Network (Internet) adalah sistem jaringan yang
menghubungkan tiap-tiap komputer secara global di seluruh penjuru dunia.
Koneksi yang menghubungkan masing-masing komputer tersebut memiliki standar
yang digunakan yang disebut Internet Protocol Suite [2]
disingkat
dengan TCP/IP.Menurut Bank Indonesia,Internet banking merupakan salah satu
layanan jasa Bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi,melakukan
komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. jenis
kegiatan internet banking dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.
informational Internet Banking yaitu pelayanan
jasa bank kepada nasabah dalam bentuk informasi melalui jaringan internet dan
tidak melakukan eksekusi transaksi (execution of transaction).Communicative
Internet Banking yaitu pelayanan jasa Bank kepada nasabah dalam bentuk
komunikasi atau melakukan interaksi dengan bank penyedia layanan internet
banking secara terbatas dan tidak melakukan eksekusi transaksi
2.
Transactional Internet Banking yaitu pelayanan
jasa bank kepada nasabah untuk melakukan interaksi dengan bank penyedia layanan
internet banking dan melakukan eksekusi transaksi.
Menurut
Khairy Mahdi menyatakan internet banking merupakan pemanfaatan teknologi
internet sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan
transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai
perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank. Selain itu bentuk
transaksi yang dilakukan bersifat maya atau tanpa memerlukan proses tatap muka
antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan.
C.
SMS Banking
Sesuai dengan namanya, fasilitas SMS banking ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan melalui
sms. Sistem kerjanya yaitu, nasabah mengirimkan sms ke nomor yang telah
ditentukan, dengan isi kode yang telah ditentukan oleh pihak bank. Kode ini
akan berbeda untuk setiap transaksi. Misalnya, kode untuk transfer akan berbeda
dengan kode untuk pengisian ulang pulsa. Setelah mengirimkan kode, nasabah akan
menerima sms yang meminta nasabah untuk membalasnya dengan pin milik nasabah
(sistem bisa sedikit berbeda pada setiap bank). Setelah memasukkan pin,
transaksi akan dinyatakan berhasil dan nasabah akan menerima sms konfirmasi
dari transaksi yang dilakukan.
SMS
Banking punya keunggulan dibanding internet banking, karena tidak membutuhkan
jaringan internet, terutama bagi warga yang ada di desa yang tak bisa
selalu terhubung internet. Karena itu, SMS banking dianggap bisa menjadi
solusi atas permasalahan tersebut. Selain masalah koneksi internet, SMS
Banking juga bisa dilakukan oleh para nasabah yang tak memiliki smartphone
tetapi ingin melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan praktis. Berbeda
dengan internet banking yang memerlukan banyak tahapan untuk melakukan
transaksi seperti cek saldo, seperti mesti memasukkan user ID dan
password. Baru setelah itu bisa melakukan transaksi dengan memilih menu yang
tersedia. Sedangkan SMS Banking hanya perlu mengirim kode ke nomer yang telah
ditentukan untuk melakukan transaksi yang anda butuhkan.
SMS
Banking bisa diakses melalui dua cara. Pertama, melalui SMS biasa dan paling
umum digunakan. Caranya nasabah mengetik pesan berupa kode tertentu sesuai
dengan transaksi yang ingin dilakukan dan mengirimkan pesan tersebut ke nomor
yang telah disediakan dari Bank. Misalnya jika Anda ingin melakukan transfer,
Anda hanya perlu mengetik (rekening sumber), (rekening tujuan), (nominal), dan
(password). Cara kedua yaitu melalui SMS Toolkit. Nasabah bisa menggunakan SMS
Banking melalui menu dari SIM Card, tergantung provider yang Anda gunakan.
Setiap provider mempunyai menu SMS Banking yang berbeda. Untuk bisa menggunakan
SMS Banking, nasabah harus mendaftar ke bank untuk mendapatkan password agar
bisa mengakses layanan ini. Setiap Bank punya petunjuk masing-masing tentang
penggunaan SMS Banking, jadi Anda bisa mendatangi bank dan menanyakan
penjelasan bagaimana menggunakan SMS Banking untuk bertransaksi.
Kelebihan dari sms banking yaitu:
a. Dengan
menggunakan sms banking, nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan mudah dan
praktis di mana pun ia berada.
b.
Jika dilihat dari sisi keamanan, transaksi
keuangan menggunakan sms banking lebih terjaga karena data-data bisa dengan
mudah dihapus, selain itu transaksi ini bebas gangguan eksternal seperti mati
listrik dan koneksi internet.
Selain itu sebenarnya ada pengalaman
dari beberapa pengguna yang sedikit mengkhawatirkan, yaitu saat kita
menggunakan sms banking dan ternyata tidak adanya respon sama sekali ketika
kita memberikan perintah SMS Banking. Beberapa pengguna merasa cukup sering
mengalami situasi yang digambarkan tersebut. Karena, biasanya ada 2
kemungkinan ketik hal tersebut terjadi, transaksi berhasil atau gagal.
Untuk tahu transaksi tersebut gagal atau berhasil, Anda harus menghubungi call
center bank terkait. Namun masalahnya, biasanya pengguna sms banking malah
menggunakan asumsi. Terkadang, mereka akan saja mengulang
transaksi meski belum tahu transaksi berhasil atau tidak. Padahal itu akan
memberikan risiko terjadi dobel bayar? Nah, di sini letak
masalah terbesar itu muncul.Ada beberapa hal yang membuat transaski sms
banking dianggap kurang praktis, yaitu ketika nasabah harus menghafalkan setiap
kode yang dibutuhkan untuk melakukan masing-masing transaksi. Di mana, setiap
transaksi yang dilakukan menggunakan kode yang berbeda, oleh karena itu jika
nasabah lupa nomor kode yang dibutuhkan, ia tak akan bisa melakukan transaksi.[3]
D. Cash
Management System
Cash
Management System adalah saluran distribusi elektronik bagi nasabah badan (non
perorangan) atau nasabah perorangan untuk melakukan aktifitas terhadap
rekeningnya di Bank dan memperoleh informasi bank melalui koneksi internet
dengan mengunakan browser.Beberapa manfaatnya yaitu:
1.
Aman, karena
dukungan system web 128 bit serta dapat dilakukan pembagian kewenangan dan
dilengkapi dengan token sebagai electronic signature
2.
Efisien dari
segi waktu, biaya, dan administrasi
3.
Nyaman dengan
fitur yang mudah digunakan dan lengkap
4.
Real time dalam
transaksi maupun data\fleksibel, karena dapat diakses dari manapun menggunakan
jaringan internet
5.
Kendali
terhadap arus kas lebih mudah, cepat, dan akurat
6.
Customized,
sehingga dapat disesuaikan dengan nasabah[4]
.
BAB3
PENUTUP
Kesimpulan:
Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi
informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan
teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk Dengan adanya
jaringan komputer hubungan atau komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat,
efisien dan cepat.Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi
membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi
sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk berbagai
macam keperluan, salah satunya yang populer adalah aplikasi chatting dengan
model BBM, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Namun masih ada satu fitur lama yang
mulai banyak ditinggalkan, namun tetap eksis untuk transaksi perbankan
DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Elektronik_Perbankan_M-Banking
https://www.cermati.com/Internet
banking
Gozali Mulyono.Aktivitas
E-banking.Bandung.CV Pustaka setia.2010
Komentar
Posting Komentar